Senin, 23 September 2013

Produk Mesin Robotik Cuci Kendaraan

PT Saro Sara Semesta, Tangerang, telah memperkenalkan produk mesin robotik cuci kendaraan. Sistem cuci ini menawarkan kecepatan pencucian dengan kualitas yang lebih baik. Disebutkan, dengan sistem cuci ini motor bisa mengkilap bersih dalam waktu sangat cepat yaitu tujuh menit. 

Sang pencipta mesin cuci ini, Moeljadi, Senin 23 September 2013, menjelaskan bahwa saat ini sudah ratusan outlet cuci kendaraan yang mengadopsi mesin buatannya itu.

"Sudah ada ratusan outlet yang pakai. Itu di Jabodetabek saja, karena ini masih baru. Kota kedua dan ketiga nanti," ujar dia di booth SATo, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, Jakarta.

Guna mempopulerkan mesin cuci kendaraan ini, pihak perusahaan milik Moeljadi menawarkan bisnis model waralaba mesin cuci robotik. Mesin cuci untuk mobil, pihaknya hanya melayani penjualan mesin saja tanpa bisnis model waralaba.

Untuk konsep waralaba, PT Saro Sara Semesta memberikan tiga skema opsi investasi mulai dari investasi Rp72,5 juta, Rp82,5 juta, dan Rp107,5 juta.

Nilai investasi itu, menurutnya, juga sebanding dengan potensinya. Sebab, analisa perusahaan memperkirakan per bulan, satu outlet bisa mencuci 1.800 motor, bahkan bisa mmencapai 2.500 motor dengan pilihan harga cuci Rp12.000 (motor kecil), Rp17.000 (motor sedang), dan Rp23.000 (motor gede).

"Dari hitungan kami, jika ambil investasi Rp72,5 juta saja dalam jangka 7-12 bulan sudah balik modal," katanya berpromosi.

Dengan menggelontorkan duit Rp72,5 juta itu, investor hanya bermodalkan tanah untuk mendirikan outlet. Sebab, pihak perusahaan akan membangunkan semua fasilitas outlet termasuk mesin cuci motornya.

Sistem unik

Sementara itu, waralaba ini juga menjalankan sistem penggajian yang unik. Untuk lima karyawan dalam satu outlet mendapatkan gaji pokok per bulan plus insentif lima persen tiap bulan dari omzet outlet. "Jika melebihi target yang ditentukan, gaji bisa naik dua kali lipat," jelas dia.

Manajeman penggajian juga cukup baik, karena berbasis data dari rekaman mesin pencucian yang telah didigitalisasi. Semua sistem yang dibangunnya itu, tambah Moeljadi, dalam rangka meningkatkan inovas dalam bisnis cuci kendaraan. 

Ia mengaku sudah mengembangkan mesin cuci kendaraan sampai generasi ketiga. Genarasi terakhir merupakan mesin yang dipajang di arena IIMS.

Ia mengisahkan, generasi mesin pertama hanya kerangka saja, sisi hiburannya nggak ada. Terus muncul generasi kedua yang menghadirkan sisi hiburan dengan bentuk mesin yang menggoda, berwarna cerah. Selanjutnya, generasi ketiga makin lengkap dengan sisi hiburan dan juga manajeman mesin yang baik dengan jaringan internet.

"Inovasi mesin cuci kendaraan ini untuk memenuhi kebutuhan efisiensi. Tenaga manusia hanya cukup ngelapin saja, pemilik outlet ingin tempat cucinya ramai dan dari sisi konsumer, juga butuh hiburan," ujar Moeljadi.

Ia juga berpesan kepada calon investor di luar pulau Jawa yang tertarik, namun khawatir dengan perawatan mesin. "Tenang saja. Mesin itu bisa kok dirawat anak SMK. Kami sudah kerja sama dengan SMK-SMK di seluruh Indonesia," katanya. 

Soal garansi mesin, perusahaannya memberikan garansi satu tahun untuk mesin cuci robotik mobil dan lima tahun untuk mesin cuci motor. Akhirnya, Moeljadi berharap dengan sistem cuci mobil yang ia kembangkan ini bisa menarik para remaja agar lebih aktif. "Saya itu ingin gerakkan pemuda jadi pengusaha," ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar